Oleh: bhoedi_sp | 14/08/2011

Busi Laser Segera Menggantikan Busi Konvensional dalam Pembakaran Mesin

Ditulis oleh : Budi Sigit Purwono, S.Pd.Si.

Selama lebih dari 150 tahun, busi (spark plug) digunakan sebagai pemicu tenaga dalam mesin pembakaran internal. Pabrikan mobil sekarang, satu langkah lebih dekat, akan segera menggantikan busi teknologi lama (percikan api) dengan busi laser, yang akan memungkinkan kendaraan bersih, lebih efisien, dan lebih ekonomis. Dengan sinar laser, campuran udara-bensin yang masuk ke ruang bakar dapat dibakar untuk menghasilkan tenaga pada mesin otomotif.

Di masa lalu, menciptakan ujung penembak laser untuk pembakaran masih terlalu besar untuk dimuat di dalam ruang pembakaran sebuah mobil. Dalam Konferensi tahun ini pada Laser dan Optik Electro (CLEO: 2011), yang diadakan di Baltimore 01-06 Mei, para peneliti dari Jepang menggambarkan sistem laser pertama multibeam (lebih dari satu berkas pancaran) dengan ukuran alat cukup kecil untuk sebagai sekrup ke kepala silinder sebuah mesin.

Yang tidak kalah pentingnya, sistem laser baru terbuat dari keramik, dan bisa diproduksi murah dalam volume besar. Menurut salah satu penulis presentasi, Takunori Taira dari Jepang Institut Nasional Ilmu Pengetahuan Alam.

Sumber : electronics-lab.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: